Tentang PDAM

COMPANY PROFILE

 

Perusahaan Umum Daerah Air Minum

Tirta Intan Kabupaten Garut

 

 

    Jl. Raya Bayongbong Km 3, Kp. Gandasari – Cilawu Kabupaten Garut

      Telp. (0262) 2248250.fax (0262) 541048.Email: pdamgarut@gmail.com

 

 

Kata Pengantar

Assalamualaikum WR.WB

 

Agar mampu eksis dan unggul dalam persaingan yang semakin ketat dalam lingkungan yang berubah sangat cepat PDAM Kabupaten Garut harus terus menerus melakukan perubahan kearah perbaikan.Perubahan tersebut harus disusun dalam suatu tahapan yang konsisten dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan akun tabilitas dan kinerja yang berorientasi kepada pencapaian hasil.

Dengan mengetahui bidang-bidang yang mempengaruhi pencapaian misiutama PDAM, dapat dirumuskan secara spesifik strategi untuk isu-isu pokok  yang dihadapi perusahaan, misalnya masalah sumber air baku yang sudah kurang mencukupi, kehilangan air yang relative tinggi atau akumulasi angsuran dan bunga pinjaman yang sudah jatuh tempo. Pengembangan strategi dan implementasinya yang efektif adalah penting untuk kelangsungan hidup PDAM.

Company Profile PDAM GARUT dibuat sebagai sebuah jendela agar kiranyaparapihak yang berkepentingan dalam kemajuan PDAM mengetahui kondisi real perusahaan dan semoga melalui company Profile ini akan memberikan informasi kearah kerjasama dan kemitraan.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan karunianya

 

PERUMDA AIR MINUM TIRTA INTAN Kabupaten Garut

H. Aja Rowikarim, M.ag

Direktur

 

GAMBARAN UMUM PDAM GARUT

Sejarah Singkat

 

Pada waktu Pemerintahan Bupati RAA Soerja Kartalegawa (Tahun 1915 - 1929) di bangun Sistem Air Bersih untuk Kota Garut dengan kapasitas produksi sebesar 25 liter/detik memanfaatkan sumber mata air Jamban Wetan yang berada di wilayah Kecamatan Bayongbong. Tahun 1959 guna menambah cadangan persediaan air, Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Garut membangun Reservoir air dengan kapasitas 500 m3 yang berlokasi di Kampung Cangkuang Sanding Garut. Antara tahun 1971 - 1976 Pemerintah Pusat Cq. Direktorat Tehnik Penyehatan Departernen Pekerjaan Umum melakukan rehabilitasi pipa transmisi dan pipa distribusi, meningkatkan kapasitas produksi menjadi 56 liter/detik. Pada tahun 1976 seluruh bantuan tersebut dijadikan modal Pemerintah pusat

 

Sebelum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Garut dibentuk pengelola sistem air bersih dilaksanakan oleh Seksi Air Minum yang berada dibawah Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Daerah Tingkat II Kabupaten Garut. Mengingat perkembangan masyarakat yang semakin meningkat yang menuntut peningkatan kondisi pelayanan air bersih serta setelah adanya rehabilitasi jaringan pipa Transmisi dan Pipa Distribusi, maka untuk mengarah kepada pengelola yang mandiri sesuai dengan peraturan.

 

yang berlaku, status pengelolanya dialihkan dari Seksi Air Minum DPUK Daerah Tk.II Garut ke status Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Garut melalui Peraturan Daerah Nomor : 18 Tahun 1976 Tanggal 31 Kepala Daerah Tingkat I Jabar Tanggal 6 Mei 1977 Nomor : 177/HK.011/SK/77 dan di Undangkan dalam Lembaran Desember 1976 yang disyahkan oleh Gubernur Daerah Tingkat II Garut Nomor : 3 Tahun 1977 seri D Nomor 2.

Sejak tanggal 1 Januari 1977 PDAM Kabupaten Garut mengarah pada pengelolaan mandiri dengan neraca awal yang di audit tahun 1987 sebagai berikut :

 NERACA AWAL

data tambahan tertanggal Neraca Awal adalah :

 -       Kapasitas terpasang 140 Liter/detik

 -       JumlahSambungan 840 sambungan

 -       Personalia 13 Orang

 

 

PadaTahun 2010 nama Perusahaan PDAM Kabupaten Garut yang digunakan adalah PDAM “Tirta Dharma” Kabupaten Garut. Nama Tirta Dharma Sendiri adalah nama yang telah ditetapkan oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI). Berdiri sejak tahun 1972 dan digunakan sebagai semboyan dan permaknaan asosiasi perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian air minum di Indonesia.

Dalam perkembangannya beberapa PDAM yang menjadi anggota PERPAMSI masih menggun akan nama Tirta Dharma dan Logo PERPAMSI sebagai identitas perusahaan, sementara itu pencitraan daerah melalui nama perusahaan kurang diperhatikan mengingat paradigma yang ada pada saat itu dan system pemerintahan yang cenderung sentralistis.

Pada era otonomi daerah, sesuai dengan kebutuhan diatas beberapa PDAM mulai mengganti nama Tirta Dharma yang disesuaikan dengan citra daerah atau permaknaan harapan dan tanggungjawab stake holder di masing-masing daerah. Maka pada Tahun 2010 sebagai bentuk harapan dan menjawab tantangan jaman nama PDAM Tirta Dharma berubah menjadi TIRTA INTAN dan ditetapkan melalui PERDA Nomor 6 tahun 2010 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Intan.

BakPelepasTekandibanguntahun 1928 diDesaSalakuray  Kec.Bayongbong, saatinimasihberfungsidenganbaik

Organisasi dan Kelembagaan                                                                                                                            

Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDA) AIR MINUM Tirta Intan Kabupaten Garut beralamat di Jl. , didirikan berdasar pada Peraturan Daerah Kabupaten Garut No. 18 Tahun 1976 dan diperbaharui dengan Peraturan Daerah No. 33 Tahun 2001 tentang Pembentukan dan Struktur Organisasi Perusahaan Daerah Air Minum “Tirta Dharma” Kabupaten Garut, kemudian diperbaharui kembali dengan PERDA No. 6 Tahun 2010 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut.

Mengacu kepada UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan diperkuat dengan PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD, beberapa PDAM sudah mulai mengubah bentuk hukumnya, salah satunya PDAM Kabupaten Garut telah resmi memperbaharui bentuk hukum menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut berdasarkan Peraturan Daerah kabupaten Garut Nomor : 8 tahun 2018 Tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut.

Jumlah pelanggan saat ini (per 30 Juni 2019) adalah 50.304 sambungan, sehingga berdasarkan Keputusan Menteri Otonomi Daerah Nomor 8 tahun 2000, bentuk organisasinya termasuk kedalam tipe C. Menurut ketentuan tersebut, PDAM dengan tipe ini dipimpin oleh 3 orang Direktur yaitu satu orang Direktur Utama dan 2 orang Direktur Bidang.

Terima kasih,
PERUMDA AIR MINUM TIRTA INTAN PDAM KABUPATEN.GARUT