Perumda Tirta Intan Garut Siap Distribusikan Air Bersih

Perumda Tirta Intan Garut Siap Distribusikan Air Bersih

 

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Intan Garut menyiapkan lima unit mobil tangki untuk memasok air di wilayah kabupaten Garut mengalami kekeringan sehingga kekurangan air bersih.


Demikian dikatakan Pjs. Direktur Perumdam Tirta Intan H Doni Suryadi, ditemui saat pengecekaan persiapan armada tangki pemasok air bersih, Kamis (11/07/2019).

Ketika ada yang membutuhkan, pihaknya langsung mendistribusikan air bersih untuk membantu warga yang kekeringan. Bahkan tahun lalu, tutur dia, pihaknya sempat memasok air untuk wilayah dibagian utara Garut.

“Tidak hanya laporan langsung dari warga, namun kami juga banyak mendapat laporan dari instansi pemerintah terkait kesulitan air bersih selama musim kemarau,” kata Doni

Sedangkan terkait pasokan air menjelang masuknya kemarau pihaknya mengklaim pasokan air bersih aman, meskipun akan terjadi pengurangan pasokan air karena pembagian jam distribusi, bukan karena mengeringnya sumber air.

“Hanya kendala pembangian jam yang membuat pendistribusian terganggu selama musim kemarau karena sumber mata air yang sama digunakan terus menerus untuk pelanggan selama ini,” katanya.

Doni menjelaskan, selama ini pihaknya mengandalkan tiga sumber mata air Jamban Kulon,Jamban Wetan dan mata air Cipulus. Pemakaian yang cukup tinggi selama kemarau menyebabkan daerah lain mengalami hambatan distribusi.

“Namun dipastikan pasokan tetap tersedia dan tidak sampai menghentikan aliran air untuk digunakan pelanggan,” tegasnya.

Dia mengimbau, jika kemudian hari terjadi kekurangan air, hendaknya masyarakat mengajukan keluhan dengan kelengkapan nama dan alamat agar dapat segera ditindaklanjuti.

“Kami juga menyarankan pelanggan dan warga menyediakan toren untuk penyimpanan air cadangan. Hal tersebut untuk mencegah jangan sampai tidak ada air saat terjadi pemakaian serentak,” pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut


Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *




0 Komentar